BKI Gelar Pelatihan & Sertifikasi Kompetensi Juru Las untuk Siswa SMK

BKI Gelar Pelatihan & Sertifikasi Kompetensi Juru Las untuk Siswa SMK
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai induk Holding Jasa Survei/IDSurvey menggelar pelatihan kompetensi welder (juru las) di SMK Negeri 10 Semarang. Foto dok BKI

jpnn.com, SEMARANG - PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai induk Holding Jasa Survei/IDSurvey menggelar pelatihan kompetensi welder (juru las) di SMK Negeri 10 Semarang.

Pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan Keahlian Konstruksi Kapal siswa kelas XII.

“Industri perkapalan di negeri ini masih butuh banyak tenaga welder yang berkualitas tinggi. Kami berharap program pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang ini bisa melahirkan orang-orang seperti itu,” kata Kepala Unit TJSL BKI Rudy Sunaryadi dalam sambutannya, Selasa (23/5).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Pratama Klas BKI Semarang Aprianto memberikan apresiasi terhadap kegiatan pertama yang digelar di sekolah dengan melibatkan mereka dalam dunia industri.

“Sebagai pelaku industri, kolaborasi ini bisa bernilai bagi mereka karena secara langsung dibimbing ahlinya. Sebelumnya, kegiatan pelatihan ini selalu diadakan di lingkungan industri, maka melalui kesempatan ini kami berharap semua adik-adik yang dibekali sertifikat kompetensi nantinya mampu untuk membawa siswa-siswi SMK Negeri 10 sukses di dunia kerja,” tuturnya.

Pelatihan kompetensi welder berlangsung pada 23-26 Mei 2023 dengan memfasilitasi 34 siswa-siswi kompetensi Keahlian Konstruksi Kapal kelas XII.

Kegiatan ini terdiri dari pemaparan materi kepada peserta, praktikum pengelasan material uji, penilaian hasil pengelasan dan pemberian sertifikat.

Tujuan diadakannya sertifikasi ini untuk meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja, sekaligus sebagai bukti bahwa hasil pekerjaan siswa-siswi tersebut telah memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi.

Pelatihan yang digelar oleh BKI tersebut dilakukan untuk meningkatkan Keahlian Konstruksi Kapal siswa kelas XII.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News