BKN Pusat PDIP Memprakarsai Ketoprak Lakon Gajah Mada

BKN Pusat PDIP Memprakarsai Ketoprak Lakon Gajah Mada
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala BKNP PDIP Aria Bima, Sekretaris BKNP PDIP Rano saat naik ke atas pentas Ketoprak Lakon Gajah Mada yang digelar BKNP PDIP. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Pusat PDI Perjuangan (PDIP) menggelar pertunjukan ketoprak dengan lakon Gajah Mada oleh paguyuban Wayang Orang Bharata, dengan tema "Pemulihan Kesenian Nasional Seniman Bangkit".

Pertunjukan itu digelar di Gedung Pertunjukan Wayang Orang Bharata, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (6/11) malam.

Seratusan kader PDIP yang mengenakan pakaian merah terlihat antusias menyaksikan pertunjukan.

Di dalam gedung, para penonton menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, dengan mengenakan masker dan duduk menjaga jarak.

Pertunjukan wayang orang disaksikan langsung Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua BKN Pusat PDIP Aria Bima, Sekretaris BKN Pusat PDIP Rano Karno dan Bendahara BKN Pusat PDIP Vita Ervina.

Menurut Rano, pertunjukan ketoprak merupakan bagian tradisi dan kebudayaan Indonesia. Namun, di tengah pandemi Covid-19, para seniman, terutama wayang orang mengalami kesulitan.

Rano mengatakan BKN Pusat PDIP ingin aktif berperan dalam pemulihan kesenian nasional agar para seniman bangkit dari kesulitan.

Saat ini, BKN Pusat PDIP tengah berupaya melestarikan kebudayaan nusantara. 

BKNP PDIP terus melestarikan kebudayaan yang salah satunya melalui pertunjukan ketoprak dengan lakon Gajah Mada oleh paguyuban Wayang Orang Bharata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News