BKN Sebut 25 Instansi Sudah Menyatakan Siap Pindah ke IKN, Ini Daftarnya

BKN Sebut 25 Instansi Sudah Menyatakan Siap Pindah ke IKN, Ini Daftarnya
Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (19/3/2024). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jpnn.com - JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan bahwa saat ini 25 instansi kementerian atau lembaga sudah menyatakan siap pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur (Kaltim).

Adapun 25 instansi kementerian atau lembaga itu juga sudah mengajukan angka jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang akan dipindahkan. Dari 25 instansi itu, totalnya ada sebanyak 2.505 ASN yang diajukan pindah ke IKN.

Pelaksana Tugas Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan para ASN yang bakal berpindah ke IKN itu termasuk jabatan eselon 1 hingga eselon 4, yang dibutuhkan untuk melaksanakan program di IKN tersebut.

Dia menjelaskan jabatan ASN itu pada prinsipnya ada empat, yakni pimpinan tinggi, administrator, pengawas, dan  fungsional.

"Sehingga jabatan-jabatan yang ada di sana itu tetap akan ada empat jabatan itu," kata dia saat konferensi pers di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (19/3).

Menurut dia, pada prinsipnya semua ASN yang bekerja di instansi pusat bakal dipindahkan ke IKN. 

Namun, lanjut dia, pemindahan itu bakal menyesuaikan dengan skala prioritas dan kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"BKN juga melakukan pengendalian terhadap penugasan ASN ke IKN yang dilakukan oleh PPK agar sesuai dengan standar, prosedur, dan kriteria," kata Haryomo. 

BKN menyebut 25 instansi siap pindah ke IKN. 25 instansi itu juga sudah mengajunkan jumlah ASN yang akan dipindahkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News