Ratusan Ribu PNS Ikut Uji Kompetensi Pemindahan ASN ke IKN

Ratusan Ribu PNS Ikut Uji Kompetensi Pemindahan ASN ke IKN
Ratusan ribu PNS ikut uji kompetensi untuk pemindahan ASN ke IKN. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah terus mematangkan skenario pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dari aspek kelembagaan, tata kelola, dan sumber daya manusia (SDM) aparaturnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas pernah mengatakan, skenario pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara bertahap sesuai dengan penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian.

Kabar terbaru dari Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto bahwa hingga saat ini sudah ada 121.626 orang PNS yang mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh BKN sebagai persiapan pindah ke IKN.

Haryomo Dwi Putranto mengatakan penilaian itu menjadi prioritas di BKN untuk mengetahui potensi dan kompetensi para PNS yang akan dipindahkan ke IKN.

"Penilaian tersebut terus berlangsung hingga kebutuhan terpenuhi. Tentu kita inginkan mereka yang pindah itu betul-betul memiliki talenta yang diperlukan," kata Haryomo saat konferensi pers di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (19/3).

Dia mengatakan, uji kompetensi terhadap para PNS sudah dilakukan sejak tahun 2022.

Pada tahun 2022 ada sebanyak 22.436 orang PNS, lalu pada 2023 ada sebanyak 96.760 orang PNS, dan pada 2024 atau hingga Februari 2024 ini sudah ada 2.430 orang yang mengikuti uji kompetensi.

Uji kompetensi tersebut, kata Haryomo, dilakukan untuk bisa memperoleh informasi kompetensi para PNS yang berkaitan dengan literasi digital dan Core Value BerAKHLAK.

Ratusan ribu PNS telah mengikuti uji kompetensi pemindahan ASN ke IKN. Simak penjelasan Kepala BKN Haryomo Dwi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News