BKN: Seleksi CASN Tidak Mencari 'Tubuh Ideal’

BKN: Seleksi CASN Tidak Mencari 'Tubuh Ideal’
Karo Humas BKN Satya Pratama mengatakan seleksi CASN tdak mencari 'tubuh ideal’ Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) angkat suara terkait kasus yang menimpa salah satu peserta tes CPNS 2021.

Kasus itu menjadi viral karena peserta mengunggahnya di media sosial beberapa waktu lalu.

Dalam akun Twitter @dwikiand, pesertanya mengungkapkan bagaimana dirinya tidak lulus seleksi kompetensi bidang (SKB) salah satu kementerian hanya karena posturnya tidak ideal.

Dia juga mengunggah hasil jawab sanggah yang menyatakan hasil pemeriksaan kesehatan, yakni pembesaran payudara laki-laki, kaki berbentuk X 10cm.

"Memang benar pengunggahnya itu adalah seorang peserta tes CPNS," kata Karo Humas BKN Satya Pratama di Jakarta, Sabtu (5/2).

Dia menegaskan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tidak mencari tubuh ideal. Orang bertubuh ideal saja bisa gagal saat tes kesehatan bila ditemukan kondisi kesehatan yang akan menghambat pelaksanaan tugas dan fungsi di masa depan.

Satya menegaskan, ASN merupakan investasi jangka panjang pemerintah RI untuk menjadi pelayan masyarakat. Itu sebabnya kondisi tubuh yang sehat sangat penting.

"Makanya ada tes kesehatan. Kalau tubuh yang sehat dan bugar, dibutuhkan untuk formasi tertentu sesuai dengan tugas dan fungsi," terangnya.

BKN memberikan penjelasan mengenai informasi peserta seleksi CASN yang diterima harus bertubuh ideal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News