BKN Validasi Kebutuhan ASN, Seleksi CPNS & PPPK Sebentar Lagi, Lulusan SMA Siap-Siap

BKN Validasi Kebutuhan ASN, Seleksi CPNS & PPPK Sebentar Lagi, Lulusan SMA Siap-Siap
Pembukaan seleksi CASN 2024 masih diagendakan untuk periode pertama akan diawali dengan seleksi CPNS dari jalur sekolah kedinasan, yang rencananya dilaksanakan Mei mendatang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Usulan perincian kebutuhan PNS dan PPPK 2024 melalui SIASN layanan perencanaan sesuai jadwal yang ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) berakhir pada Selasa (30/4/2024).

Setelah itu, menurut Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto, dilakukan validasi oleh BKN untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan teknis (pertek) hasil validasi kebutuhan pegawai PNS dan PPPK 2024 kepada menPAN-RB.

Seperti mekanisme seleksi CPNS dan PPPK sebelumnya, setelah Pertek BKN ke luar, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas akan menetapkan formasi CPNS 2024 dan PPPK 2024 yang sudah divalidasi tersebut.

Kemudian diserahkan kepada masing-masing instansi dan Panselnas akan mengumumkan secara resmi pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2024.

Dengan demikian, jika pada 30 April masih banyak instansi yang belum memasukkan usulan perincian kebutuhan ASN 2024, otomatis akan memengaruhi jadwal validasi.

Plt Karo Humas BKN Nanang Subandi mengungkapkan untuk pengusulan kebutuhan formasi CASN 2024 sampai dengan saat ini masih merujuk pada Surat Deputi Mutasi BKN terakhir per-tanggal 19 April 2024, di mana batas penyampaiannya 30 April.

"Jadi, hari ini terakhir bagi instansi untuk memasukkan usulan perincian formasi CPNS 2024 dan PPPK," kata Nanang Subandi kepada JPNN. com, Selasa (30/4). 

Dia melanjutkan jika ada kebutuhan tambahan perpanjangan dari instansi dan/atau Panselnas, maka BKN akan menyampaikan kembali secara resmi melalui surat. 

BKN validasi kebutuhan ASN, seleksi CPNS & PPPK sebentar lagi dibuka, lulusan SMA siap-siap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News