Sebagian Peserta Lulus Seleksi CPNS 2024 & PPPK Langsung Dikirim ke IKN

Sebagian Peserta Lulus Seleksi CPNS 2024 & PPPK Langsung Dikirim ke IKN
ASN terdiri dari PNS dan PPPK. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur membawa konsekuensi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang instansi tempat mereka bekerja akan dipindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus bergerak cepat mematangkan beberapa skenario pemindahan ASN ke IKN.

MenPAN-RB Azwar Anas mengatakan, langkah tersebut untuk memastikan kinerja pemerintahan tetap berjalan produktif ketika sudah pindah ke IKN.

“Hari ini kami menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada akhir pekan lalu dimana Kementerian PANRB diminta untuk mengoordinasikan skenario perpindahan ASN yang komprehensif dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Kami menyiapkan beberapa skenario, mulai dari skenario ideal hingga skenario bertahap,” kata Menteri Anas di Jakarta, Senin (22/1).

Dia mengatakan, kementerian yang dipimpinnya juga terus memetakan jumlah ASN yang akan pindah bekerja di IKN.

Pasalnya, dinamika terkait pemindahan ASN ini terus berkembang, menyesuaikan dengan kemampuan pembangunan di IKN serta jumlah hunian yang akan siap untuk dihuni nantinya.

Kementerian PANRB tidak bekerja sendirian dalam menyiapkan skenario pemindahan ASN ke IKN.

Secara paralel, skenario disusun bersama dengan OIKN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan.

Menteri Azwar Anas mengatakan sebagian peserta lulus seleksi CPNS 2024 dan PPPK 2024 akan langsung dikirim ke IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News