BKPM Klaim Tak Ada Pembatalan Investasi

BKPM Klaim Tak Ada Pembatalan Investasi
BKPM Klaim Tak Ada Pembatalan Investasi
JAKARTA - Kekhawatiran akan adanya investor yang membatalkan rencana untuk menanamkan modalnya akibat krisis Eropa sepertinya belum terbukti. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) optimistis laju investasi ke Indonesia relatif masih aman lantaran pasar di dalam negeri masih terus tumbuh.

Staf Ahli BKPM Silmy Karim mengatakan, sejauh ini dalam data pendaftaran investasi di BKPM belum ada pembatalan dari penanam modal akibat pelambatan ekonomi di Eropa. "Sampai sekarang, belum ada data mengenai pembatalan. Memang, dampak tentu ada, tapi seberapa besar kita dapat mengantisipasi," katanya, Rabu (21/9)

Menurut dia, pertimbangan pembatalan salah satunya karena situasi yang tidak memungkinkan. Misalnya, kondisi di negara tujuannya tidak sesuai yang diharapkan atau bisa faktor internal investor terkait. "Dan, bisa disebabkan situasi ekonomi yang tidak menentu seperti krisis ekonomi. Namun, umumnya investor itu hanya melakukan penundaan, bukan pembatalan," tandas Silmy

Oleh karena itu dia meyakini dampak yang dirasakan akibat krisis Eropa tidak terlalu besar. Sebab, Indonesia dinilai masih menjadi tujuan investasi yang menarik bagi penanam modal. "Apalagi pasar di dalam negeri terus tumbuh, sehingga investasi industri yang berorientasi domestik tidak terganggu," katanya.

JAKARTA - Kekhawatiran akan adanya investor yang membatalkan rencana untuk menanamkan modalnya akibat krisis Eropa sepertinya belum terbukti. Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News