BKPM Optimis Target Investasi Terlampaui

BKPM Optimis Target Investasi Terlampaui
Gita Wirjawan. Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, mengaku optimistis mampu mencapai target perolehan nilai investasi Rp 160 triliun pada satu periode jabatannya. Pada triwulan II-2010 saja, Gita menyebut sudah terkumpul USD 10 miliar.

"Saya yakin target itu akan terlampaui. Kita bersyukur Indonesia sudah menjadi lirikan investasi. Para investor yang terbanyak melakukan penjajakan berasal dari pengusaha dan pemerintah di Asia. Kalau Eropa, kita tahulah kondisi ekonomi mereka saat ini (pasca krisis)," papar Gita, dalam bincang-bincang usai buka puasa di halaman kantornya, Rabu (25/8) malam.

Optimisme itu bukan tanpa alasan. Menurut Gita, ada beberapa servis yang diperbaiki. Misalnya, menjadikan layanan satu pintu (one stop service). "Selama ini, kalau orang mau menjadi investor, harus kebingungan untuk memulainya. Sekarang, cukup datang ke BKPM, lalu urusan selanjutnya BKPM bisa bantu. Mudah kan. Dengan begitu, harapan kita, makin banyak investor yang berdatangan ke tanah air," terang dia.

Bukan itu saja, menurut Gita, pemerintah membuat skema atau formula khusus untuk mempercepat masuknya investasi ke tanah air. Pola kerjasama pemerintah dan swasta atau Public-Private Partnership (PPP), dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) ke BKPM, merupakan langkah progresif.

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, mengaku optimistis mampu mencapai target perolehan nilai investasi Rp 160

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News