BKSAP Dorong IPU ke-144 di Bali jadi Momentum Perkuat Kerja Sama Bilateral

BKSAP Dorong IPU ke-144 di Bali jadi Momentum Perkuat Kerja Sama Bilateral
BKSAP DPR RI saat pertemuan bilateral dengan Iran, Kamboja, Jerman dan Belarus di BICC, Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3). Foto: Humas DPR R

jpnn.com, NUSA DUA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menilai Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali merupakan kesempatan memperkuat kerja sama antarnegara.

Karean itu, BKSAP memanfaatkan kesempatan di sela-sela agenda tersebut dengan melakukan pertemuan dengan beberapa negara, seperti Belarus, Jerman, Kamboja dan Iran.

Putu menyampaikan dari pertemuan tersebut diharapkan ditindaklanjuti dengan kerja sama yang lebih komprehensif dan konkret.

"Tentu perlu adanya kerja sama antarnegara dalam meningkatkan dan menumbuhkan kembali ekonomi pascapandemi Covid-19," ujar Putu seusai pertemuan bilateral dengan Iran, Kamboja, Jerman dan Belarus di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Minggu (20/3).

Pada pertemuan bilateral tersebut, kata Putu, masing-masing negara berusaha mendorong kembali kerja sama di berbagai bidang.

Contohnya delegasi Iran, memandang Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di bidang perdagangan, sehingga diharapkan kerja sama perdagangan antarnegara dapat ditingkatkan.

Pertemuan dengan delegasi Kamboja membahas mengenai presidensi Asean Inter-Parliamentary Assembly .

"Melalui momentum IPU di Bali ini harapannya lebih banyak lagi pertemuan tatap muka guna membahas berbagai isu untuk saling mendorong dan mendapatkan dukungan masing-masing negara dalam berbagai hal," harap Putu.

Dalam pertemuan tersebut, Putu mengatakan parlemen Indonesia meminta dukungan atas usulan satu emergency item yang digunakan menjadi satu emergency resolution yang berfokus pada perdamaian dan kedamaian dunia.

BKSAP DPR mendorong IPU ke-144 di Bali jadi momentum memperkuat kerja sama bilateral untuk meningkatkan kembali ekonomi pascapandemi Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News