Blanko e-KTP Prioritas untuk DKI

Blanko e-KTP Prioritas untuk DKI
Perekaman E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjanji memprioritaskan pemenuhan kebutuhan blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk wilayah DKI Jakarta.

Menurut Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, langkah prioritas diambil mengingat Jakarta tengah melaksanakan tahapan pemilihan gubernur putaran kedua.

Sementara diketahui saat ini banyak warga masih menggunakan surat keterangan agar dapat menggunakan hak pilih.

"Untuk DKI kami prioritaskan. Insya Allah 20 Maret nanti sudah mulai bisa didistribusikan blankonya, " ujar Zudan dalam pesan elektronik yang diterima, Kamis (9/3).

Zudan mengakui, kekosongan blanko terjadi karena tidak ada perusahaan yang memenuhi klasifikasi dari dua kali tender pencetakan tujuh juta keping e-KTP yang sebelumnya dilakukan kemendagri.

Namun kini tender telah kembali dilaksanakan dan diharapkan dapat berjalan maksimal. Sehingga pencetakan dapat segera dilakukan.

"Saya kira (hasil pencetakan, red) cukup untuk memenuhi kekurangan 4,5 juta blanko. Blanko (yang akan dicetak, red) tujuh juta keping, " pungkas Zudan. (gir/jpnn)


Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjanji memprioritaskan pemenuhan kebutuhan blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk wilayah DKI


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News