Blok Mahakam Harus Dikelola Perusahaan Negara

Blok Mahakam Harus Dikelola Perusahaan Negara
Blok Mahakam Harus Dikelola Perusahaan Negara
JAKARTA - Koordinator Aliansi Rakyat Kalimantan Timur (Kaltim), Ismail Hasan Suni mengatakan blok mahakam yang kaya gas dan minyak yang ada di Kaltim harus diambil oleh negara. Menurutnya, Pemerintah Indonesia dengan segala kewenangannya perlu mengambil alih blok mahakam dari tangan perushaan Prancis Total E & P Indonesie untuk dikelola demi kepentingan rakyatnya sendiri.

Ismail menjelaskan pemerintah sebagai alat Negara tidak boleh membuat tafsiran seenaknya yang menyesatkan rakyat, tetapi harus  menyerahkan pengelolaan Blok Mahakam kepada Pertamina yang notabene adalah perusahaan Negara. Seperti yang diatur dalam UUD 1945 pasal 33 ayat (2).

"Kami juga mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengambil alih Blok Mahakam sebagai langkah Darurat  mencegah kebangkrutan Negara," kata Ismail kepada wartawan Senin (20/5).

Sikap ambigu pemerintah disatu sisi yang menutup mata atas dahsyatnya pendapatan jika Negara  mengelola Blok Mahakam pada sisi lain,  pemerintah  sangat  tega dan tegas bisa  menghentikan subsidi BBM kepada rakyat dengan asumsi minimnya anggaran negara, padahal sikap dan kebijakan dalam mengelola Blok Mahakam merupakan amanah konstitusi yang tidak boleh ditawar-tawar.

JAKARTA - Koordinator Aliansi Rakyat Kalimantan Timur (Kaltim), Ismail Hasan Suni mengatakan blok mahakam yang kaya gas dan minyak yang ada di Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News