BMKG Ajak Masyarakat Lebih Tanggap Terhadap Perubahan Iklim

BMKG Ajak Masyarakat Lebih Tanggap Terhadap Perubahan Iklim
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (24/12). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat agar lebih tanggap terhadap perubahan iklim dan ketahanan air.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, perubahan iklim saat ini ditandai dengan meningkatnya frekuensi kejadian bencana hidrometerologis, juga meningkatnya penyakit terkait iklim.

“Bencana Hidrometeorologis di antaranya kekeringan yang kita alami tahun lalu, sehingga berdampak pada ketersediaan air bersih serta kebakaran hutan dan lahan,” ujar Dwikorita Karnawati.

Selain itu, lanjut Dwikorita, curah hujan ekstrem yang menjadi pemicu banjir di beberapa tempat pada awal tahun ini juga merupakan bencana terkait cuaca dan iklim. “Ini akan meningkat berdasarkan proyeksi iklim pada masa mendatang,” ujar Dwikorita.

Untuk itu, lanjut Dwikorita, BMKG turut memperingati Hari Meteorologi Dunia (HMD) ke-70 yang mengusung tema Climate And Water. Menurutnya, tema itu diangkat seiring dengan tertujunya mata dunia terhadap isu iklim dan air.  HMD diperingati tiap 23 Maret.

“Dengan momentum peringatan HMD 2020 ini, kami terus mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim dan ketahanan air,” ujarnya.

Dwikorita mengatakan, masyarakat bisa ikut berperan dalam mitigasi dengan melakukan hal-hal yang tampaknya sepele tetapi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Seperti membatasi penggunaan kendaraan bermotor, mulai beralih ke sarana transportasi umum, menghemat penggunaan listrik dan air, mengurangi penggunaan sampah plastik, dan menanam pohon di lingkungan sekitar. Hal-hal yang tampak sederhana ini akan membawa dampak besar dalam upaya mencegah dampak buruk perubahan iklim,” katanya.

BMKG mengajak masyarakat agar lebih tanggap terhadap perubahan iklim dan ketahanan air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News