BMKG Beberkan Penyebab Cuaca Ekstrem, Nomor 3 Bikin Ngeri

BMKG Beberkan Penyebab Cuaca Ekstrem, Nomor 3 Bikin Ngeri
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem hingga Februari. Ilustrasi bencana hidrometeorologi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem hingga Februari.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Jumat (12/1).

Dwikorita meminta masyarakat waspada dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia.

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan di bulan Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," kata Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan terdapat tiga penyebab terjadinya cuaca ekstrem. Berikut penjelasannya:

1. Monsun Asia

Adapun Monsun Asia yang menunjukkan aktifitas cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir.

"Kondisi ini berpotensi disertai adanya fenomena seruakan dingin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia," paparnya.

2. Tekanan rendah

Adanya daerah tekanan rendah yang terpantau di sekitar Laut Timor, Teluk Carpentaria dan di Samudra Hindia barat Sumatra yang dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem hingga Februari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News