BMKG Imbau Warga Jakarta Waspada pada 28-30 Mei

BMKG Imbau Warga Jakarta Waspada pada 28-30 Mei
Gerhana bulan nampak terlihat jelas dari Masjid Al Azhar, Jakarta, Rabu (26/5). Gerhana bulan total di wilayah Jakarta mulai terlihat pukul 18.18 WIB. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat DKI Jakarta diimbau mewaspadai potensi terjadinya rob atau banjir akibat air pasang di pesisir ibu kota pada 28-30 Mei 2021.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo mengatakan Jakarta masuk dalam sebelas lokasi yang berpotensi terjadi rob.

"Ada sebelas wilayah yang BMKG petakan berpotensi terjadi banjir rob yang hari dan jamnya tidak sama di antara wilayah-wilayah yang kami petakan tadi. Ada yang 26 hingga 27 Mei saja, ada yang justru mulai 28 Mei seperti Jakarta Utara dan Banten hingga 30 Mei," kata Eko dalam konferensi pers usai pemantauan gerhana bulan total perigi di Dermaga Hati, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (26/5).

Dia mengatakan potensi rob tersebut memang berkaitan dengan fenomena gerhana bulan total perigi yang berlangsung di Indonesia pada Rabu malam.

"Berbarengan dengan gerhana bulan total ini atau fenomena super blood moon bahwasanya ada fenomena potensi banjir rob atau banjir pesisir terhadap wilayah Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan pemantauan BMKG sejak 24 Mei dan dipertajam pada 25 Mei, terdapat angin yang berembus konsisten dengan kecepatan cukup tinggi hingga 46 kilometer (km) per jam di beberapa perairan Indonesia.

Fenomena tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang utamanya di Laut Jawa, Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru, perairan barat Sumatera, perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggian gelombang mencapai tiga meter.

Bersamaan dengan itu, adanya fenomena super blood moon berpengaruh terhadap kondisi pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob) di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

BMKG mengingatkan masyarakat Jakarta untuk waspada pada 28-30 Mei 2021 pascaterjadinya gerhana bulan atau super blood moon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News