BMKG Ingatkan Bahaya yang Mengintai Pesisir Utara Jawa, Waspada!

BMKG Ingatkan Bahaya yang Mengintai Pesisir Utara Jawa, Waspada!
BMKG mengingatkan potensi bahaya yang mengintai pesisir utara Pulau Jawa pada 18-25 November 2021. Foto: ANTARA/Rahmad

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan potensi bahaya banjir rob yang mengintai pesisir utara Jawa.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo menyatakan pesisir utara Pulau Jawa berpotensi dilanda banjir rob pada 18-25 November, sehingga masyarakat diminta lebih waspada.

BMKG membeberkan banjir rob merupakan fenomena yang pada umumnya sering terjadi khususnya di pesisir utara Jawa.

"Namun demikian, adanya kondisi pasang maksimum pada fase bulan purnama dan bersamaan dengan kejadian curah hujan akan menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian banjir rob yang lebih signifikan," ujar Eko.

Eko membeberkan berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, sejumlah wilayah lain diminta waspada.

Adapun wilayah itu adalah Tangerang, Jakarta, Bekasi, Kerawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Demak Jepara, Gresik bersiaga dan waspada terhadap kondisi banjir rob.

"Diperkirakan akan terjadi sekitar tanggal 18 – 25 November 2021 pada pagi hingga siang hari dan sedangkan potensi hujan lebat terjadi pada tanggal 19-23 November 2021 pada siang hingga sore hari," ujarnya.

Eko mengatakan potensi banjir rob tersebut secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan.

BMKG mengingatkan potensi bahaya yang mengintai pesisir utara Pulau Jawa pada 18-25 November 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News