BMKG Prediksi Awal Musim Hujan Dimulai, Semua Wajib Bersiap!

BMKG Prediksi Awal Musim Hujan Dimulai, Semua Wajib Bersiap!
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Oktober 2022 adalah awal musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Oktober 2022 adalah awal musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Untuk wilayah Makassar dan sekitarnya diperkirakan bulan Oktober ini sudah memasuki musim penghujan," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Nur Asia Utami, Kamis malam (6/10).

Menurutnya, dari prakiraan cuaca di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya, sepekan ke depan masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

Selain itu, hujan dapat disertai angin kencang maupun petir atau kilat.

"Diimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap angin kencang, petir atau kilat, juga wilayah wilayah yang rentan terjadi genangan," ungkap Nur Asia.

Hujan dengan intensitas sedang lebat mengguyur Kota Makassar beserta sebagai kecamatan di Kabupaten Gowa, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Bone, Maros, Pangkep, Soppeng, Sinjai dan Barru pada Kamis siang hingga petang tadi.

Pada Kamis 6 Oktober 2022, BMKG Wilayah IV telah mengeluarkan peringatan dini atas kondisi cuaca yang masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang sampai pukul 19:00 WITA.

Adapun daerah tersebut adalah Kabupaten Sidenreng Rappang Kulo, Kabupaten Pinrang di kecamatan Matirro Sompe, Mattiro Bulu, Watang Sawito, Patampanua, Duampanua, Cempa, Tiroang, Lansirang, Paleteang, Batu Lappa. di Kabupaten Enrekang pada kecamatan Maiwa, Cendana.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Oktober 2022 adalah awal musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News