BMKG Sebut Gerhana Matahari Total Dapat Diamati di Biak dan Pulau Kisar 20 April 2023

BMKG Sebut Gerhana Matahari Total Dapat Diamati di Biak dan Pulau Kisar 20 April 2023
Tangkapan layar jalur gerhana matahari hibrid di Indonesia pada 20 April 2023 yang dirilis BMKG, Senin (10/4/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com - JAKARTA - Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Suko Prayitno Adi mengatakan gerhana matahari total dapat diamati di Biak, Papua dan Pulau Kisar, Maluku 20 April 2023.

“Gerhana matahari total dapat diamati di Biak dan Pulau Kisar,” kata Suko di Jakarta, Senin (10/4).

Dia memaparkan durasi puncak gerhana di Biak selama satu menit dua detik pada pukul 13.57.13 WIT. Sementara durasi puncak gerhana di Pulau Kisar selama satu menit lima detik pada pukul 13.22.56 WIT.

Dia mengatakan bahwa gerhana matahari cincin tidak dapat diamati di wilayah Indonesia. Untuk gerhana matahari sebagian, kata dia, dapat diamati di sebagian wilayah Indonesia. Namun, sebagian wilayah utara Provinsi Aceh tidak dapat mengamati gerhana matahari.

Suko mengatakan fenomena gerhana matahari pada 20 April 2023 itu merupakan gerhana matahari hibrid.  Gerhana matahari hibrid merupakan peristiwa gerhana matahari total dan cincin yang terjadi secara berurutan dalam satu fenomena gerhana.

Dia menjelaskan gerhana matahari hibrid terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari, dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana di suatu tempat tertentu, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya, sedangkan di tempat tertentu lainnya matahari seakan-akan tertutupi bulan.

Dia menambahkan posisi pengamat memengaruhi besar magnitudo gerhana yang akan teramati.

BMKG menyatakan gerhana matahari total dapat diamati di Biak, Papua, dan Pulau Kisar, Maluku, pada 20 April 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News