BNP2TKI Kritik Penembakan Tiga TKI

BNP2TKI Kritik Penembakan Tiga TKI
BNP2TKI Kritik Penembakan Tiga TKI
JAKARTA – Penembakan tiga orang TKI asal Nusa Tenggara Barat (NTB) oleh Polis Diraja Malaysia (PDRM) mendapatkan sorotan dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI). Pasalnya, tindakan yang dilakukan aparat tersebut diduga menyalahi protap (prosedur tetap). Ini karena langsung menembak badan dan kepala, bukan kaki untuk melumpuhkan.

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan, pemerintah sudah mengambil sikap dan menanyakan langsung protap penanganan seseorang yang diduga melakukan tindakan kriminal. Hasilnya, Negeri Jiran tersebut berjanji menjelaskan secara detail apa yang terjadi di lapangan.

”Kalau protapnya seperti itu saya sayangkan sekali. Sudah seharusnya ada perbaikan protap. Kalau orang kerja di perkebunan sawit membawa parang dan bermasker sangat wajar. Lokasi kerja yang berdebu membuat mereka harus melindungi diri. Akal sehatnya seperti itu. Kalau dibilang pelaku kejahatan harus dibicarakan,” ungkap Jumhur usai pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV di lingkup BNP2TKI di Jakarta, Jumat (27/4).

Sikap tersebut, lanjutnya, membuat Indonesia keberatan. Tindakan kepolisian Malaysia sangat bengis dan barbar. ”Saya dapat laporan lima polisi memberondong tiga orang. Kalau mereka mau berbuat tidak baik, protapnya dilumpuhkan dulu. Ditembak di kaki. Kalau melawan baru tembak badan. Tapi ini langsung ditembak di badan. Saya rasa ini barbarian,” kesal Jumhur.

JAKARTA – Penembakan tiga orang TKI asal Nusa Tenggara Barat (NTB) oleh Polis Diraja Malaysia (PDRM) mendapatkan sorotan dari Badan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News