BNPB Berikan Armada Udara dan Laut Demi Wisata Aman Bencana Labuan Bajo

BNPB Berikan Armada Udara dan Laut Demi Wisata Aman Bencana Labuan Bajo
Helikopter bantuan BNPB untuk mendukung Wisata Aman Bencana Labuan Bajo. Foto: Humas BNPB.

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan armada udara dan laut demi mewujudkan Wisata Aman Bencana Labuan Bajo.

Dukungan BNPB tersebut diberikan berupa 1 unit helikopter dan 1 kapal cepat Sea Rider yang ditempatkan di Labuan Bajo. Armada ini akan memperkuat kesiapsiagaan dan respons dalam menyikapi situasi krisis maupun bencana.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, bantuan tersebut merupakan perhatian pemerintah pusat untuk kelancaran dan keamanan wisata prioritas di kawasan Labuan Bajo.

Langkah ini juga untuk mengawal kesiapsiagaan dukungan penanggulangan bencana di kawasan Kabupaten Manggarai Barat dan kawasan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dalam pelaksanaanya kapal cepat Sea Rider tersebut diserahterimakan ke Basarnas, daerah operasi Labuan Bajo dan helikopter diserahkan di bawah kendali Bupati melalui BPBD Kabupaten Manggarai Barat," kata Doni melalui pesan digital yang diterima pada Minggu (8/11).

Sementara itu, BPBD Kabupaten Manggarai Barat menyambut baik dukungan BNPB. Armada helikopter memberikan akses cepat yang mampu menjangkau wilayah-wilayah kepulauan, seperti pelayanan medis hingga pengiriman logistik di daerah yang terisolasi.

"Ini helikopter sangat membantu sekali. Respons kabupaten-kabupaten se-NTT sangat positif. Karena kami melakukan kegiatan lintas kabupaten,” ujar Hans Mboeik salah satu tim BPBD setempat.

Dia menjelaskan, daerahnya yang sangat terisolasi membuat pelayanan medis maupun logistik lebih sulit dijangkau, sehingga bantuan helikopter dari BNPB akan sangat membantu.

BNPB memberikan 1 unit helikopter dan 1 kapal cepat Sea Rider yang ditempatkan di Labuan Bajo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News