JPNN.com

BNPB dan Satgas Covid-19 Bakal All Out Amankan Pilkada 2020

Kamis, 24 September 2020 – 22:47 WIB
BNPB dan Satgas Covid-19 Bakal All Out Amankan Pilkada 2020 - JPNN.com
Kepala Pusdatin dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo. Foto: Antara/Prisca Triferna

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal mengamankan kebijakan pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang tidak mau menunda pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Hal itu seperti disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo saat menghadiri diskusi daring, Kamis (24/9).

Agus hadir di acara diskusi itu untuk mewakili Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo yang berhalangan hadir karena memiliki kesibukan lain.

"Pertama konsepnya adalah ini keputusan sudah diambil pemerintah dan DPR. Sudah ada keputusan Pilkada dilanjutkan. Tugas satgas dan BNPB mendukung atau mengamankan kebijakan itu," kata dia.

Satgas, kata Agus, berencana menekan laju penularan Covid-19, sehingga Pilkada 2020 bisa berjalan sesuai rencana. Setidaknya dua fokus akan dilakukan satgas untuk menekan laju penularan Covid-19. 

Satu di antaranya, terkait perubahan perilaku di tengah masyarakat. Satgas Penanganan Covid-19 akan mengajak masyarakat displin menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi ada dua fokus Satgas Covid-19. Satu, perubahan perilaku untuk menerapkan tiga M. Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," ujar Agus.

Fokus selanjutnya, Satgas Penanganan Covid-19 akan meningkatkan jumlah tes dan pencarian, serta memperbaiki sistem perawatan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi