BNPP Bangun 4 PLBN di Kalimantan Utara

BNPP Bangun 4 PLBN di Kalimantan Utara
PERBATASAN: Sebagai wilayah perbatasan, Kecamatan Krayan menjadi salah satu daerah yang rencanakan dibangun PLBN oleh pemerintah pusat. FOTO: RADAR NUNUKAN/JPNN

jpnn.com, NUNUKAN - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bakal membangun empat pos lintas batas negara (PLBN) di Kalimantan Utara (Kaltara).

Tiga di antaranya berada di Nunukan. Yakni, di Sei Pancang, Desa Labang, dan Desa Long Midang.

Satu PLBN lainnya dibangun di Kabupaten Malinau, tepatnya di Long Nawang.

“Presiden Jokowi menginginkan wilayah perbatasan jadi wilayah yang benar-benar diperhatikan. Salah satu upaya untuk mendongkrak kualitas hidup masyarakat di perbatasan adalah dengan membangun suatu kawasan terpadu,” kata  Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan Lintas Batas Negara BNPP Rusly Baddu, Senin (2/4).

Dia menambahkan, saat ini pemerintah pusat sedang menyusun aturan presiden atau inpres terhadap proses pembangunan tahap kedua tersebut.

Sebab, kesiapan kementerian terkait itu sudah sangat siap. Rusly menegaskan, pembangunan PLBN ini sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dan aktivitas masyarakat.

Termasuk transportasi dan pertumbuhan kota baru di kawasan perbatasan yang dibangun PLBN.

“Tentunya, pembangunan PLBN ini mengacu terhadap kesepakatan kedua belah negara dalam konteks perjanjian BCA (broad cross agreement). Khususnya titik entri yang telah disepakati antara pemerintah Indonesia dan Malaysia,” tambah Rusly.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bakal membangun empat pos lintas batas negara (PLBN) di Kalimantan Utara (Kaltara).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News