BNPT dan Kementerian PPPA Wujudkan Desa Ramah Perempuan Bebas Radikal

BNPT dan Kementerian PPPA Wujudkan Desa Ramah Perempuan Bebas Radikal
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menandatangani kerja sama dengan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dok Humas BNPT.

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk mencegah narasi ideologi terorismie.

Kerja sama ini dilakukan dengan penandatangan nota kesepahaman antara Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Jakarta, Rabu (20/4).

Boy Rafli menuturkan kerja sama ini penting dilakukan karena banyak keterlibatan perempuan dan anak dalam aksi terorisme.

"Dalam beberapa catatan kami, ada sejumlah perempuan yang terlibat dalam kasus terorisme. Dalam catatan kami kurang lebih ada sekitar 14," kata Boy dalam siaran persnya Rabu.

Salah satu perempuan yang terjerat dalam tindakan terorisme tersebut ialah Zakiah Aini yang menyerang di Mabes Polri pada 3 Maret 2021 lalu.

Kasus lainnya yang cukup menggemparkan, yakni seorang ibu dan dua anak dalam aksi teror di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro pada Mei 2018.

Mantan Kadiv Humas Polri ini mengatakan apabila dilihat dari perspektif global yang berkembang, perempuan dan anak yang terlibat dalam aksi teror merupakan korban dari ideologi terorisme yang ditanamkan.

“Secara fakta memang jadi pelaku, tetapi sesungguhnya perempuan dan anak adalah korban yang dilakukan oleh kaum pria dalam proses radikalisasi yang dijalankan kelompok terorisme," kata Boy.

BNPB bekerja sama dengan Kementerian PPPA untuk mewujudkan desa ramah perempuan dan anak yang bebas dari paham radikal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News