BNPT Gandeng K-PTIK Hadirkan Warung NKRI Digital untuk Masyarakat Desa

BNPT Gandeng K-PTIK Hadirkan Warung NKRI Digital untuk Masyarakat Desa
Kepala BNPT RI, Komjen Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahiel dalam peresmian Warung NKRI Digital. Foto: dok. BNPT

jpnn.com, KLATEN - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK) menghadirkan inovasi Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (warung NKRI) Digital. Kegiatan itu melibatkan sebanyak 36 pengelola Warung NKRI secara online.

Kepala BNPT RI, Komjen Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahiel menyampaikan Warung NKRI Digital merupakan tempat berjualan tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari yang dikombinasikan dengan perangkat digital dalam rangka meningkatkan penyebaran informasi, fasilitasi, edukasi dan komunikasi serta koordinasi.

"Warung ini menjual kebutuhan sehari-hari dikombinasikan dengan warung digital. Melalui Warung Digital sinergi dapat terjadi dan meningkat kualitas warung itu sendiri," ujar Kepala BNPT ketika meresmikan Warung NKRI Digital pertama di Pawon N'Deso Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (7/2).

Di hadapan 12 mitra deradikalisasi yang hadir, mantan Kalemdiklat Polri itu juga menuturkan BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme mengajak mitra deradikalisasi untuk memanfaatkan fasilitas ini agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

"Setelah bebas (dari lembaga pemasyarakatan), negara hadir dalam meningkatkan kualitas kehidupan mitra derad ini terutama kualitas kesejahteraan mereka salah satunya melalui warung NKRI Digital," katanya.

Selain mendukung program deradikalisasi berbasis kesejahteraan, Warung NKRI Digital akan menjadi wadah penyebaran narasi dan wawasan kebangsaan dalam rangka meningkatkan, merajut dan mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa.

"Yang paling penting tujuan dari Warung NKRI Digital ini bisa merajut persatuan dan kesatuan, persaudaraan, pertemanan dan cinta tanah air antar sesama anak bangsa," harapnya.

Sementara, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan pihaknya mendukung penuh peluncuran Warung NKRI Digital di wilayahnya.

BNPT juga menyerahkan beasiswa pelatihan kepada perwakilan pemuda desa demi meningkatkan kapasitas diri dan Warung NKRI Digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News