Bobotoh Heboh, Persib Kena Denda

Bobotoh Heboh, Persib Kena Denda
Seorang suporter cewek Persib Bandung dijahili saat menyaksikan laga perempat final leg kedua Piala Presiden antara Persib Bandung melawan Pusam Mania Borneo FC di Stadion Jalak Harupat, Bandung. (26/9). Foto: Wahyudin/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Persib Bandung lolos ke babak semifinal Piala Presiden. Namun, mereka harus rela mendapatkan denda dari promotor turnamen, Mahaka Sports & Entertianment sejumlah Rp 15 juta. Ini karena cerawat atau flare dinyalakan Bobotoh-julukan suporter Persib di tengah pertandingan.

Hal yang sama juga akan diterima PSM Makassar yang juga memperlihatkan kerusuhan yang diawali pembakaran flare. Lebih parah, suporter PSM harus bentrok dengan petugas kepolisian. Ini menjadi preseden buruk buat Piala Presiden. Padahal sejak awal, mereka punya misi untuk memberikan kemasan sepak bola Indonesia yang lebih baik.

Tetapi, sejauh ini harus tercoreng dengan kerusuhan di dua tuan rumah Sabtu lalu (26/9). Hasani Abdulgani, CEO Mahaka menyebutkan bahwa timnya terus berusaha melakukan perbaikan. "Tetapi sesuai regulasi mereka harus didenda Rp.15 juta," katanya kepada Jawa Pos kemarin (27/9).

Berdasar hal tersebut, Hasani akan memotong sisa kontribusi match fee yang belum diterima dua klub tersebut. "Karena itu, kami akan memaksimalkan sisa komersial yang belum mereka terima," lanjut Hasani. Atas kondisi ini, PSM dan Persib harus mematuhi regulasi yang sudah disepakati sebelumnya.

Selain itu, skuad Persib juga harus membayar denda enam kartu kuning dan sebuah kartu merah buat Ilija Spasojevic. Jika dijumlah sekitar Rp. 17 juta harus dibayarkan manajemen Persib, rinciannya Rp. 5 Juta untuk satu kartu merah, selanjutnya Rp.2 juta untuk kartu kuning.

Hukuman tersebut secara teknis bisa mengganggu kondisi persiapan mereka sebelum semifinal leg pertama pada 3 dan 4 Oktober 2015 akhir pekan ini. Umuh Muhtar, manajer Persib menyatakan kepada Jawa Pos bahwa dirinya lebih mementingkan kesiapan timnya ketimbang hanya pusing masalah denda.

"Sebenarnya kalau flare kemarin itu kan setelah pertandingan," kilahnya. Padahal, flare yang dinyalakan Bobotoh itu sudah terlihat sejak separo babak kedua berjalan. Kondisi itu harus dimaklumi manajemen Persib.

Tetapi Umuh menekankan kepada supporter Persib untuk terus mendukung timnya walaupun denda sudah diterima.

JAKARTA - Persib Bandung lolos ke babak semifinal Piala Presiden. Namun, mereka harus rela mendapatkan denda dari promotor turnamen, Mahaka Sports

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News