Boediono Persilakan Adiknya Diperiksa

Boediono Persilakan Adiknya Diperiksa
Boediono Persilakan Adiknya Diperiksa

JAKARTA - Wakil Presiden Boediono akhirnya angkat bicara terkait terseretnya nama Tuti Iswari. Perempuan itu disebut Menteri Pertanian Suswono, sebagai adik Boediono. Tuti disebut pernah "membawa" importir daging ke seorang Dirjen di Kementan. Boediono pun mengaku siap menjadi saksi jika keterangannya diperlukan untuk hal ini.
    
Pernyataan Boediono itu disampaikan saat dia menggelar konferensi pers, Jumat (4/1)). Pejabat asal Blitar itu mengaku langsung menghubungi adiknya sesaat mendengar kabar jika ada nama Tuti di persidangan Fathanah. Dia meminta sang adik untuk menyampaikan penjelasan terkait dugaan keterlibatan dirinya dalam kasus suap tersebut.

"Kemarin, setelah mendengar kabar ini, saya sudah meminta kepada adik saya untuk segera menyampaikan penjelasan sejujur-jujurnya mengenai apa yang terjadi pada publik," jelasnya. Boediono pun menyatakan dirinya maupun Tuti siap menjadi saksi, jika suatu saat mendapat panggilan dari KPK maupun menjadi saksi di pengadilan.

"Ini negara hukum, kalau memang diperlukan pasti. Jadi siapapun harus ikut mendukung agar kebenaran, keadilan itu tercapai, pasti,"ujarnya.Mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut mengaku terkejut adanya nama Tuti dalam pengurusan kuota daging impor. Sebab sepengetahuannya, Tuti menjalankan bisnis di luar bidang itu. Boediono menyebut adiknya hanyalah seorang pensiunan pegawai Bank Indonesia yang aktif melakukan kegiatan sosial.

Informasinya melalui kegiatan sosial itulah, Tuti mengenal Bunda Putri. Nah, Bunda Putri sendiri selama ini disebut-sebut merupakan istri seorang sebagai Dirjen di Kementan.

Bunda Putri ini dalam rekaman percakapan saat persidangan kasus suap pengaturan kuota daging impor disebut memiliki peran yang cukup vital. Dia disebut bisa mengatur para decision maker di sejumlah kementrian.    

Meski menyatakan adiknya siap menjadi saksi untuk kasus suap pengaturan kuota daging impor tapi sepertinya hal itu tidak terjadi. Sebab persidangan Ahmad Fathanah sendiri bakal memasuki tahap pemeriksaan saksi ahli.

Hal itu diungkapkan Jaksa Muhibuddin pada Ketua Majelis Hakim Nawawi Ponolango. "Jadwal untuk menghadirkan saksi tinggal satu yakni Lutfhi Hasan Ishaaq (LHI). Pemanggilan saksi LHI bersamaan dengan saksi ahli," ujar Muhibuddin.

Keluarnya nama Tuti dipersidangan sendiri seolah hanya "cokotan". Sebab pernyataan itu disampaikan Suswono saat dia ditanya kuasa hukum LHI, Zainuddin Paru. Saat ditanya Paru itu, Suswono langsung menyebut bahwa dia pernah dilapori seorang Dirjen jika ada perempuan yang mengaku adik Wapres mengantarkan seorang importir daging.

JAKARTA - Wakil Presiden Boediono akhirnya angkat bicara terkait terseretnya nama Tuti Iswari. Perempuan itu disebut Menteri Pertanian Suswono, sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News