Boeing Akan Kembalikan Fitur Keselamatan yang Tidak Ada Pada 737 MAX

Boeing Akan Kembalikan Fitur Keselamatan yang Tidak Ada Pada 737 MAX
Boeing Akan Kembalikan Fitur Keselamatan yang Tidak Ada Pada 737 MAX

Boeing berencana menyematkan fitur keselamatan yang memperingatkan pilot ketika ada masalah seperti dalam kecelakaan pesawat Lion Air dan Ethiopian Airlines, yang menewaskan hampir 350 orang.

Boeing akan mengamanatkan lampu peringatan kokpit yang sebelumnya pilihan sebagai bagian dari pembaruan peranti lunak untuk armada 737 MAX yang dikandangkan setelah tabrakan fatal, kata pejabat, yang meminta tidak disebutkan namanya.

Kecelakaan Ethiopian Airlines yang menewaskan 157 orang di pesawat pada 10 Maret telah memicu salah satu pertanyaan terbesar dalam sejarah penerbangan dan membayangi seri Boeing MAX yang sangat laris.

Investigasi awal menunjukkan kesamaan antara kecelakaan Ethiopian Airlines dan kecelakaan Lion Air pada Oktober 2018 yang menewaskan 189 awak dan penumpang.

Boeing Akan Kembalikan Fitur Keselamatan yang Tidak Ada Pada 737 MAX Photo: Petugas pencari menelusuri puing armada Ethiopian Airlines di Bishoftu, Debre Zeit, selatan Addis Ababa, Ethiopia, 11 Maret 2019. (AP: Mulugeta Ayene)

Hubungan langsung antara dua kecelakaan itu memang belum terbukti, tetapi perhatian telah difokuskan pada sistem kontrol penerbangan otomatis, MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System), yang mulai dioperasikan dua tahun lalu dengan MAX.

Sistem mendorong pesawat ke bawah jika mendeteksi pendakian vertikal yang tajam yang dapat berisiko menghambat pesawat.

Pilot mengecam Boeing karena tidak memberi peringatan tentang dimasukkannya sistem ini dalam model yang lebih baru setelah 737 MAX diperkenalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News