Bolehkah Menyimpan Daging Kurban Dalam Waktu Lama? Ini Kata Syeikh Ahmad Al Misri

Bolehkah Menyimpan Daging Kurban Dalam Waktu Lama? Ini Kata Syeikh Ahmad Al Misri
Ustaz Syeikh Ahmad Al Misri dalam talkshow bertajuk 'Menebar Kebaikan Lokal Bersama Moorlife'. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, SERPONG - Ustaz Syeikh Ahmad Al Misri menyampaikan banyak umat Islam bertanya soal hukum menyimpan daging kurban dalam waktu panjang.

Pertanyaan ini sering muncul, karena ada anggapan bahwa daging kurban dilarang disimpan lebih dari tiga hari.

Nah, dalam talkshow bertajuk 'Menebar Kebaikan Lokal Bersama Moorlife' Ustaz Syeikh Ahmad Al Misri mengupas tuntas soal hukum berkurban.

Menurut Syeikh Ahmad, menyimpan daging kurban selama tiga hari ada riwayatnya. Dahulu, Nabi Muhammad SAW mengeluarkan sabda itu karena ada kejadian kedatangan tamu dari keluarga tidak mampu.

"Nabi Muhammad kemudian meminta agar para sahabat yang berkurban jangan menyimpan daging lebih dari tiga hari, tetapi segera bagikan kepada orang tidak mampu," kata Syeikh Ahmad dalam acara yang dirangkaikan dengan pemotongan hewan kurban serentak di 37 provinsi pada hari raya Iduladha, Minggu (10/7).

Seiring berjalannya waktu, ketika makin banyak yang berkurban, lanjutnya, daging kurban ini diperbolehkan untuk disimpan lama.

Dengan catatan, jumlah daging yang disimpan sesuai kebutuhan. Jangan sampai yang disimpan lebih banyak daripada dibagikan kepada fakir miskin.

"Jangan sampai dagingnya itu disimpan hingga ketemu Iduladha tahun berikutnya karena saking banyaknya dan tidak bisa habis dimakan sendiri," ujarnya.

Ustaz Syeikh Ahmad Al Misri menjelaskan tentang hukum menyimpan daging kurban dalam waktu panjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News