JPNN.com

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Wortel?

Senin, 15 Juli 2019 – 23:31 WIB Bolehkah Penderita Diabetes Makan Wortel? - JPNN.com

jpnn.com - Para penderita diabetes perlu mengatur dan membatasi asupan makan hariannya. Mereka juga dianjurkan mengonsumsi aneka sayuran. Namun, bolehkah penderita diabetes makan wortel?

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Terkait hal itu, dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter menjelaskan, “Sayuran sebenarnya kadar gulanya tidak terlalu tinggi. Jadi tidak ada pantangan khusus. Makan wortel juga boleh-boleh saja dan tidak ada masalah.”

Meski demikian menurut dr. Ega, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar gula terlalu tinggi. Buah-buahan yang memiliki kadar gula tinggi – dikutip dari The Healthy Eating Guide – antara lain nanas, apel, dan mangga. Adapun buah dengan kadar gula yang rendah yang bisa dikonsumsi penderita diabetes misalnya buah plum, kiwi, dan pisang.

Deretan nutrisi wortel

Sayuran bernama Latin Daucus carota ini mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tubuh. Wortel juga terkenal karena kandungan beta-karoten, vitamin A, antioksidan, serat, dan nutrisi lainnya.

Wortel berukuran sedang hanya mengandung 4 gram karbohidrat bersih dan merupakan makanan rendah glikemik. Makanan yang rendah karbohidrat dan rendah indeks glikemik cenderung tidak memiliki dampak yang besar pada kadar gula darah sehingga aman bagi penderita diabetes

Apa saja nutrisi dalam wortel yang manfaat bagi para penderita diabetes? Berikut beragam nutrisi yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi wortel:

  • Vitamin A

Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, para peneliti mengobservasi lebih lanjut vitamin A dalam pengendalian glukosa darah. Para peneliti menemukan bahwa tikus dengan defisiensi vitamin A mengalami disfungsi pada sel B pankreas.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...