Bongkar Aktor Lain di Kasus Suap Migas

Bongkar Aktor Lain di Kasus Suap Migas
Bongkar Aktor Lain di Kasus Suap Migas

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsyi berharap KPK dapat memenuhi ekspektasi publik dalam menangani kasus-kasus yang diindikasikan merugikan keuangan negara dalam jumlah besar. Lembaga antirasuah yang dipimpin Abraham Samad itu tidak perlu ragu untuk menuntaskan dugaan kasus korupsi di SKK Migas. Dukungan public begitu kuat.

“Satu persatu siapa saja yang diduga terlibat kasus SKK Migas kan sudah mulai terkuak. Tidak hanya Rudi Rubiandini. Dia tidak mungkin nekat melakukan penyuapan kalau tanpa keterlibatan aktor lain. Hanya saja KPK jangan hanya berani sama Rudi saja. Seret juga yang lain dong. KPK jangan lagi tebang pilih-tebang pilih dalam menangani kasus," tandasnya, Minggu (24/11).

Alhabsyi mengatakan jika benar tudingan bahwa pengganti Rudi Rubiandini juga menjadi bagian dari praktek jahat tersebut, KPK harus segera menjadikannya tersangka berikut seluruh pihak yang tersangkut dalam kasus itu.

“Semua harus berdasarkan bukti yang kuat. Tapi jika memang sudah ada petunjuk dan bukti yang sangat kuat menyangkut dugaan keterlibatan Kepala SKK Migas yang sekarang Pak Widjanarko, maka KPK jangan ragu-ragu mengusutnya secara tuntas tanpa pandang bulu siapa dia. Karena publik sudah berpraduga kalau Rudi tidak bermain sendiri. Jangan sampai dia dikorbankan untuk menutupi mega skandal korupsi yang besar yang melibatkan penguasa," tukasnya.

Kendati demikian, anggota Komisi III DPR ini meminta agar masyarakat khususnya mahasiswa mengawal proses hukum kasus SKK Migas ini agar KPK tetap berada di jalan yang benar. Karena bukan tidak mungkin dalam kasus SKK Migas ini, KPK juga tidak luput dari pengaruh kaki jaringan koruptor migas. Buktinya sinyalemen mahasiswa yang mengendus adanya aliran dana suap dengan jumlah yang sangat fantastis mencapai USD 600.000.

“Itu kalau benar Johanes Widjanarko yang mengatur, ya KPK harus cepat dong. Jangan kelamaan. Selain itu, kasus ini juga bisa menjadi pintu masuk untuk membongkar dugaan korupsi lainnya di sektor hulu migas yang selama ini susah dijamah," tegasnya.

Senada dengan itu aktivis Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) yang juga politisi Partai Demokrat, Tri Dianto masih berharap banyak pada KPK dalam penuntasan kasus SKK Migas. Menurut dia, kasus SKK Migas yang tengah diusut KPK ini masih berada di permukaan saja.

Oleh karena itu ia mendesak agar KPK mengusut orang-orang yang terlibat di kasus ini sampai ke akarnya. "Kan sudah jadi rahasia umum kalau korupsi sektor hulu Migas itu banyak melibatkan koruptor yang berbentuk jaringan. Mustahil jika Rudi itu pemain tunggal. Saya meyakini seratus persen ada pelaku lain yang sekarang menjabat aktif di SKK Migas yang terlibat. Tapi itu
dilindungi, karena orangnya Jero Wacik," tegasnya, Minggu (24/11).

JAKARTA - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsyi berharap KPK dapat memenuhi ekspektasi publik dalam menangani kasus-kasus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News