Boni Hargens: Ada Tokoh KAMI Berambisi jadi Capres

Boni Hargens: Ada Tokoh KAMI Berambisi jadi Capres
Para tokoh saat menghadiri deklarasi KAMI di Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (18/8), antara lain Din Syamsuddin dan Jenderal Purn.Gatot Nurmantyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Boni Hargens menyebut deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang dilakukan di Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (18/8), tak lebih dari sekadar oposisi jalanan.

Boni menyebut demikian mengacu pada sejumlah fakta.

Antara lain, isu yang diusung Din Syamsuddin dan kawan-kawan merupakan isu lama. Tidak ada yang baru.

Deklarator KAMI juga disebut tidak mempunyai basis dukungan massa yang memadai dan legitimasi moral mereka lemah di mata masyarakat.

"Saya menduga, KAMI dibentuk hanya untuk membangun bargaining position yang strategis untuk target pilpres 2024," ujar Boni di Jakarta.

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) ini juga tak menutup kemungkinan ada salah satu dari sejumlah tokoh yang mendeklarasikan KAMI, berambisi menjadi calon presiden atau calon wakil presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.  

"Tentu ada salah satu dari tokoh-tokohnya yang berambisi menjadi capres atau cawapres. Kalaupun tidak ada, setidaknya mereka bisa menjadi kekuatan yang layak diperhitungkan oleh para kandidat," ucap Boni.

Artinya, kata Boni kemudian, target KAMI politik pragmatis.

Boni Hargens menduga salah satu dari tokoh KAMI ada yang berambisi menjadi calon presiden maupun calon wakil presiden di Pilpres 2024. Benarkah?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News