Bontang Lesu, BP Berau-Pertamina 'Swapping' Kargo

Bontang Lesu, BP Berau-Pertamina 'Swapping' Kargo
Bontang Lesu, BP Berau-Pertamina 'Swapping' Kargo
JAKARTA - Akibat berkurangnya komitmen antara Blok Bontang ke pembeli yang diakibatkan permintaan dropping kargo LNG dari pembeli, BP Berau Tbk dan PT Pertamina akhirnya memutuskan untuk melakukan swapping atau tukar kargo.

"Swapping kargo tersebut yakni dari Blok Bontang dialihkan ke Blok Tangguh, Papua, yang akan mulai berproduksi pada bulan Juli 2009 mendatang. Ini dimaksudkan untuk memenuhi komitmen ke pembeli LNG Tangguh," ungkap Kepala BP Migas, R Priyono, Kamis (14/5).

Dengan adanya situasi tersebut, Priyono menjelaskan, Bontang akan mengirimkan kargo LNG ke pembeli Tangguh, di mana Tangguh akan mengganti kargo LNG tersebut dengan mengirimkan kargo ke pembeli Bontang di tahun berikutnya. "Proses swapping ini juga untuk menghindari kemungkinan terjadinya pengurangan produksi di sumur produksi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Kalimantan Timur," ungkapnya.

Untuk peningkatan pendapatan negara, terang Priyono pula, BP dan BP Migas telah melakukan penjajakan dengan pembeli LNG hasil diversi dari Sempra. Di mana pada awal tahun 2009, Head of Agreement (HoA) antara Chubu Electric dan KOGAS juga telah ditandatangani dengan harga LNG yang cukup tinggi. "Mungkin Shares Purchase Agreement (SPA) juga akan diselesaikan pada tahun ini," tambahnya.

JAKARTA - Akibat berkurangnya komitmen antara Blok Bontang ke pembeli yang diakibatkan permintaan dropping kargo LNG dari pembeli, BP Berau Tbk dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News