Bos Defend ID Luruskan soal Umur Alutsista

Bos Defend ID Luruskan soal Umur Alutsista
Diskusi bertajuk "Membangun Kekuatan Pertahanan di Kawasan Regional" di Media Center Indonesia Maju, Jakarta, Jumat (12/1/2024). Foto: Dok. Media Center Indonesia Maju

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT LEN Industri Bobby Rasyidin meluruskan informasi terkait alat utama sistem senjata (alutsista).

Bobby yang merupakan pimpinan dari holding BUMN industri pertahanan atau Defend ID memberikan pemahaman tentang soal alutsista bekas.

Bobby menegaskan indikator utama alutsista tidak melulu soal usia alat.

Dia mengatakan terdapat tiga hal penting yang harus dimiliki alutsista dalam menopang pertahanan sebuah negara.

"Pertama, operating readiness apakah masih layak operasi, lalu combat readiness apakah masih layak tempur, dan safety level terkait keselamatan untuk kru," ujar Bobby dalam diskusi bertajuk "Membangun Kekuatan Pertahanan di Kawasan Regional" di Media Center Indonesia Maju, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Bobby menyampaikan alutsista memiliki struktur seperti mesin serta sistem meliputi navigasi, sistem operasi, dan sistem tempur yang harus diperhatikan perawatannya.

Dia mengatakan banyak platform alutsista seperti kapal perang yang didesain berumur panjang hingga 100 tahun.

"Yang berubah cepat itu adalah sistemnya. Karena makin ke sini, perang itu bukan perang fisik lagi, tapi perang elektronika seperti platform yang namanya perawatan program," ucap Bobby.

Pimpinan dari holding BUMN industri pertahanan atau Defend ID Bobby Rasyidin meluruskan informasi terkait alat utama sistem senjata (alutsista).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News