Bos ISIS Tewas, BNPT Tingkatkan Kewaspadaan

Bos ISIS Tewas, BNPT Tingkatkan Kewaspadaan
Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala BNPT Suhardi Alius mengatakan, kematian Abu Bakar al-Baghdadi tidak boleh disamakan dengan tamatnyanya ISIS. Karena itu, pihaknya terus menjaga kewaspadaan.

“Kami sudah mendengar (berita) itu, tetapi kami tidak boleh meremehkan. Kita perlu memperhatikan apa yang akan terjadi setelah itu,” kata Suhardi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Senin (28/10).

Menurut Suhardi, kematian Baghdadi memang menjadi pukulan bagi ISIS. Namun, tindakan Amerika menghabisi orang nomor satu ISIS itu pasti memicu reaksi,.

“Harus hati-hati karena kan (berita) ini juga akan berdampak. Sekarang ini semua masalah kan sifatnya global, kejadian di Timur Tengah juga kan berdampak ke dalam negeri,” terang Suhardi.

Abu Bakr al-Baghdadi diyakini tewas dalam serangan oleh militer AS di Suriah. Dalam pidato di Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa Baghdadi tewas setelah berusaha kabur, dan terjebak hingga akhirnya meledakkan rompi bunuh diri.

Terkait pernyataan Trump, Suhardi mengatakan bahwa Indonesia akan terus mengikuti perkembangan situasi dan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait, termasuk dengan perwakilan RI di perbatasan Suriah.

“Termasuk kami akan kirim tim untuk memantau situasi terakhir,” tutur Suhardi. (ant/dil/jpnn)

Kepala BNPT Suhardi Alius mengatakan, kematian Abu Bakar al-Baghdadi tidak boleh disamakan dengan tamatnyanya ISIS. Karena itu, pihaknya terus menjaga kewaspadaan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News