BP Siapkan Lokasi Khusus untuk Industri Komponen Smartphone

BP Siapkan Lokasi Khusus untuk Industri Komponen Smartphone
Kawasan industri di Batam. Foto: dalil harahap / batampos.co.id / JPG

jpnn.com, BATAM - Badan Pengusaha (BP) Batam akan menyediakan sebuah lokasi khusus untuk kawasan industri penyuplai komponen ponsel pintar atau smartphone.

Tujuannya, untuk menciptakan ekosistem industri smartphone yang berkelanjutan di kota Batam.

"Saat ini PT Satnusa Persada merakit beberapa merk smartphone. Tapi komponennya masih datang dari luar. Sehingga jika pemasok komponen smartphone bangun pabrik di sini, akan lebih efektif," kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo belum lama ini.

Batam memiliki lokasi strategis karena berada di Selat Malaka. Tiap tahun paling sedikit enam ribu pelayaran melewati selat ini, bahkan lebih tinggi dibanding arus pelayaran dari Terusan Suez dan Terusan Panama.

Infrastruktur juga cukup memadai untuk menunjang aktivitas industri. Sehingga dapat menciptakan iklim investasi yang positif bagi industri smartphone untuk tumbuh.

Makanya BP Batam dibantu para pengusaha tengah berusaha merayu 24 industri pemasok komponen smartphone agar mau membuka pabriknya di Batam. Dengan demikian, maka produksi bisa lebih cepat dan biaya produksi lebih murah karena jarak antara pabrik smartphone dan pemasok komponennya semakin dekat.

Selain itu, pasar Indonesia juga sangat luas. Hal ini dinilai dapat menjadi peluang bagi perusahaan-perusahaan smartphone untuk mengembangkan bisnisnya di Batam. Maka itu pihaknya berharap banyaknya keunggulan yang ada di Batam bisa menjadi daya tarik perusahaan-perusahan pemasok komponen smartphone agar membangun pabriknya di Batam.

Sebelumnya, perusahaan smartphone asal China, Xiaomi juga melihat peluang yang besar untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia termasuk Batam. Karena itu untuk meningkatkan jumlah produksinya, Xiaomi mengajak 24 perusahaan pemasok komponennya untut serta memperluas usahanya di Batam.

Badan Pengusaha (BP) Batam akan menyediakan sebuah lokasi khusus untuk kawasan industri penyuplai komponen ponsel pintar atau smartphone.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News