JPNN.com

BPBD Lebak Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Kamis, 21 November 2019 – 14:22 WIB BPBD Lebak Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem - JPNN.com
BPBD Lebak mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat, angin kencang dan badai petir. Foto: Antara

jpnn.com, LEBAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat, angin kencang dan badai petir.

"Cuaca buruk itu sangat berpotensi menimbulkan bencana alam," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi.

Peringatan kewaspadaan cuaca ekstrem itu guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material.

Selama ini, wilayah Kabupaten Lebak menjadi langganan bencana alam, seperti banjir, longsor, kebakaran, kekeringan, krisis air bersih, angin kencang hingga gempa.

Karena itu, BPBD Lebak minta masyarakat mewaspadai bencana alam akibat cuaca ekstrem tersebut. Cuaca ekstrem itu berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang.

"Kami sudah sudah menyampaikan surat peringatan imbauan kepada aparat kecamatan dan desa agar meningkatkan kewaspadaan cuaca ekstrem itu,"katanya.

Menurut dia, potensi bencana alam di Kabupaten Lebak meliputi Kecamatan Lebakgedong, Cipanas, Muncang, Sobang, Cibeber, Cileles, Gunungkencana, Wanasalam, Cigemblong, Cihara, Bojongmanik, Cimarga, Cigemblong, Rangkasbitung, Cilograng, Bayah, Curugbitung, Panggarangan, Cikulur, Cijaku, Banjarsari dan Cirinten.

Bahkan, belum lama ini puluhan rumah rusak akibat angin puting beliung di Kecamatan Gunungkencana dan Muncang, beruntung bencana alam tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...