BPBD Minta Masyarakat Baturaja Waspadai Hujan yang Picu Banjir Bandang

BPBD Minta Masyarakat Baturaja Waspadai Hujan yang Picu Banjir Bandang
BPBD minta masyarakat Baturaja waspada hujan yang picu banjir bandang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BATURAJA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu Amzar Kristopa melalui Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops), Gunalfi meminta masyarakat mewaspadai bencana hidrologi.

Menurut dia, hal ini berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan ada potensi hujan lebat beberapa hari mendatang di wilayah Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Dia menyebut, beberapa hari terakhir terdeteksi awan Cumulonimbus atau awan CB terpantau di langit Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Awan Cumulonimbus adalah awan vertikal menjulang tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir serta cuaca dingin lainnya.

Hal itu, berpotensi memicu puting beliung dan jika disertai hujan deras dapat mengundang banjir bandang.

"Sehingga masyarakat yang bermukim di sekitar DAS diimbau meningkatkan kewaspadaan," kata Gunalfi di Baturaja, Minggu (21/3).

Berdasarkan laporan BMKG, awan CB tersebut terpantau di satelit berada di langit kawasan Semendo atau dekat dengan Kecamatan Ulu Ogan yang berada di dataran rendah.

Sementara itu, menyatakan, awan CB juga berada dekat dengan DAS, sehingga rentan terjadi banjir bandang.

BMKG minta masyarakat mewaspdai hujan lebat beberapa hari mendatang di wilayah Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News