BPIP Bakal Lanjutkan Perumusan RUU Sistem Ekonomi Pancasila, Konsisten Tanam Nilai Ideologi

BPIP Bakal Lanjutkan Perumusan RUU Sistem Ekonomi Pancasila, Konsisten Tanam Nilai Ideologi
Kepala BPIP Yudian Wahyudi saat acara Refleksi Akhir Tahun 2023 bertajuk 'Sorot Balik Adicita Pancasila', Senin (18/12). Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan terus berkomitmen menanamkan nilai Pancasila di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPIP Yudian Wahyudi saat acara Refleksi Akhir Tahun 2023 bertajuk 'Sorot Balik Adicita Pancasila', Senin (18/12).

Selama 2023, Yudian Wahyudi mengatakan pihaknya melakukan berbagai program yang mendukung praktik penanaman Pancasila di Indonesia.

Adapun salah satunya, yakni peluncuran Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila yang dirilis berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 28 Agustus 2023.

Peluncuran BTU itu bertujuan untuk mendukung mata pelajaran wajib Pendidikan Pancasila di berbagai sekolah.

"Ini tindak lanjut dari standarisasi nasional Pendidikan Pancasila, pada pendidikan formal," kata Yudian Wahyudi dalam sambutannya.

Dia mengatakan hingga kini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi dan monitoring terkait penggunaan BTU Pendidikan Pancasila.

BPIP ingin mengembalikan muruah Pancasila yang telah lama hilang, sehubungan dengan dihapusnya mata ajar Pancasila dalam UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.

Memasuki 2024, BPIP siap melanjutkan perumusan rancangan undang-undang (RUU) Sistem Ekonomi Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News