BPIP Gelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022

BPIP Gelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022
BPIP menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang berprestasi. Foto: Dok BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang gigih berkarya dan menorehkan prestasi.

Para peraih Ikon Prestasi Pancasila diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya.

"Penganugerahan ditujukan agar mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat," tulis keterangan resmi BPIP yang dikutip Minggu (4/12).

Penganugerahan dimulai sejak 2017 oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) dengan memilih sejumlah 72 Ikon Prestasi Pancasila yang bertepatan dengan angka tahun peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Sehubungan dengan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), penyelenggaraan kegiatan Ikon Prestasi Pancasila baru kembali diselenggarakan pada 2019 dengan memilih sejumlah 74 Ikon.

Secara berturut-turut mengiringi momentum perayaan Hari Kemerdekaan dengan memilih 75 Ikon pada 2020, dan pada 2021 memilih 76 Ikon Prestasi Pancasila.

Pada 2022 ini penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila akan dilangsungkan dengan memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilah dalam lima kategori, yakni Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman.

Ikon Prestasi Pancasila merupakan wujud pribadi, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan, dan dilakukan secara tulus dan konsisten, baik dicerminkan melalui karya, prestasi nasional, maupun internasional.

BPIP menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang berprestasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News