BPJS Kesehatan Tunggak Miliaran, RSUD Terancam Bangkrut

BPJS Kesehatan Tunggak Miliaran, RSUD Terancam Bangkrut
BPJS Kesehatan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, TUBAN - Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD dr R. Koesma Tuban, Jatim kini terancam bangkrut.

Informasi yang diterima Jawa Pos Radar Tuban, rumah sakit pelat merah di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo tersebut mengalami krisis keuangan karena klaim layanan BPJS Kesehatan yang belum terbayar.

Tak tanggung-tanggung, tunggakan klaim yang menjadi ancaman serius kolapsnya rumah sakit milik pemkab setempat itu mencapai Rp 28 miliar.

Angka tersebut tercatat mulai Agustus hingga sekarang. Bahkan, kondisi itu diprediksi bakal semakin parah menyusul belum adanya kepastian pembayaran dari BPJS Kesehatan kepada rumah sakit.

Direktur RSUD dr R. Koesma Tuban Saiful Hadi saat dikonfirmasi membenarkan kondisi genting yang dihadapi rumah sakit yang dipimpinnya. "(Klaim yang belum dibayar, Red) sampai saat ini sekitar Rp 28 miliar,'' kata Saiful.

Dia mengungkapkan, tunggakan klaim BPJS Kesehatan yang mencapai puluhan miliar tersebut menjadi ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan pelayanan rumah sakit.

Saat ini saja, lanjut dia, hampir sebagian besar pembelian obat-obatan untuk pasien mulai tak terbayar.

"Bagaimana bisa terbayar, obat yang digunakan pasien BPJS juga belum terbayar,'' ujar dia mengungkapkan dampaknya sistemik terhadap keuangan di rumah sakit.

BPJS Kesehatan menunggak klaim senilai Rp 28 milliar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News