BPK Geram, MA Tak Tersentuh

BPK Geram, MA Tak Tersentuh
BPK Geram, MA Tak Tersentuh
JAKARTA—Pergantian pimpinan di tubuh Mahkamah Agung (MA) tidak akan berpengaruh besar pada kewenangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

jpnn.com - BPK tetap tidak bisa melakukan audit pada lembaga yudikatif tersebut. Ketua BPK Anwar Nasution menyatakan banyak penerimaan yang masuk melalui MA seperti biaya perkara, biaya tuntutan, putusan, tidak dimasukkan dalam kas negara. Semua ditarik, dikelola MA tanpa adanya pelaporan yang jelas.

"Ini bukan negara gerombolan. Sebagai lembaga penegak hukum harusnya MA memberikan contoh, bukannya malah menutup-nutupi laporan keuangannya," ujarnya(15/1).

Ketidakterbukaan ini dapat membuka peluang terjadinya tindakan penyimpangan yang mengarah tindakan pidana korupsi (tipikor). Hal ini menyulitkan BPK untuk memenuhi amanat UUD 1945 Pasal 23E.

"Mengapa harus takut bila memang benar?," tambahnya. Padahal lembaga baru seperti Mahkamah Konstitusi (MK) dan Badan Intelejen Negara (BIN) rajin melaporkan keuangannya, bahkan bisa mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian. (esy/JPNN)

JAKARTA—Pergantian pimpinan di tubuh Mahkamah Agung (MA) tidak akan berpengaruh besar pada kewenangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. BPK


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News