BPP Kejobong Purbalingga Ajarkan Peternak Produksi Pakan Fermentasi & Mineral Block

BPP Kejobong Purbalingga Ajarkan Peternak Produksi Pakan Fermentasi & Mineral Block
BPP Kecamatan Kejobong, Purbalingga melaksanakan kegiatan pelatihan tematik dengan materi teknik pembuatan pakan fFermentasi dan mineral block untuk para petani. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PURBALINGGA - Pakan yang terjamin mutu dan nutrisinya sangat dibutuhkan oleh para peternak. Tujuannya tak lain untuk menghasilkan hewan ternak yang sehat.

Persoalannya, pakan dengan standar di atas memiliki harga ekonomi yang tinggi.

Oleh karena itu, diperlukan inovasi pakan ternak modern yang murah dari hijauan yang banyak dijumpai di sekitar tempat tinggal peternak maupun limbah usaha pertanian. Di antaranya jerami, tebon jagung, debog pisang, kulit singkong.

Salah satu inovasi yang banyak dilakukan peternak untuk menjamin ketersediaan pakan setiap saat dan kaya akan nutrisi adalah dengan membuat pakan fermentasi dan mineral block.

Agustus lalu, bertempat di P4S Ngudi Dadi Farm Desa Kedarpan, Kabupaten Purbalingga, BPP Kecamatan Kejobong melaksanakan kegiatan pelatihan tematik dengan materi teknik pembuatan pakan fermentasi dan mineral block.

Pelatihan diikuti para peternak anggota KTT Ngudi Dadi Farm, Fasdes Upland dan para penyuluh dari BPP Kejobong.

Hadir Koordinator KJF Penyuluh Pertanian Kabupaten Purbalingga, Witanto, SPt, Kepala BPP Kecamatan Kejobong Agus Slamet Hamarsudi, SST dan Kepala Desa Kedarpan, Jumono.

Kepala BPP Kecamatan Kejobong Agus Hamarsudi dalam paparannya mengatakan bahwa kualitas dan kuantitas pakan sangat mempengaruhi proses fermentasi pakan dalam rumen.

Peternak di Kecamatan Kejobong, Purbalingga, mendapat pelatihan membuat pakan fermentasi dan mineral block dengan harga murah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News