BPS: Ekspor Sektor Pertanian Tumbuh Bagus Sekali, Capai 20,84 Persen

BPS: Ekspor Sektor Pertanian Tumbuh Bagus Sekali, Capai 20,84 Persen
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke kantor BPS. Foto: Humas Kementan RI.

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekspor produk pertanian pada September 2020 meningkat 20,84 persen dibanding bulan sebelumnya Agustus (m to m).

Peningkatan signifikan ini disumbang oleh kenaikan volume ekspor yang cukup besar pada beberapa produk hortikultura seperti sayur-sayuran, dan buah buahan tahunan, serta kopi dan lada.

 

"Sektor pertanian pada bulan September tahun 2020 itu tumbuh bagus sekali. Berdasarkan month to month (M to M) naik 20,84 persen dan year on year (yoy) juga mengalami peningkatan sebesar 16,22 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Kamis (15/10).

Suhariyanto mengatakan bahwa ekspor sektor pertanian secara yoy mengalami kenaikan sebesar 16,22 persen, disebabkan kenaikan nilai ekspor di beberapa komoditas seperti sarang burung, udang hasil tangkap, sayuran, cengkeh dan juga lada hitam.

 

"Kenaikan ekspor pertanian yang konsisten ini diiringi dengan penurunan share dari pertambangan menyebabkan share dari pertanian pelan pelan merangkak naik," jelasnya.

Dia juga menyebutkan bahwa kontribusi sektor pertanian pada September 2020 terhadap total nilai ekspor, mengalami peningkatan sebesar 0,41 persen dibandingkan September 2019.

BPS mencatat peningkatan ekspor sektor pertanian memberikan kontribusi positif terhadap nilai total ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News