JPNN.com

Harapan Mentan SYL, Kostratani Bikin Lompatan Besar untuk Pertanian Indonesia

Kamis, 15 Oktober 2020 – 08:44 WIB
Harapan Mentan SYL, Kostratani Bikin Lompatan Besar untuk Pertanian Indonesia - JPNN.com
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat membuka Rakor Penguatan Kostratani Mendukung Ketahanan Pangan Nasional di Bogor, Rabu (14/10).

jpnn.com, BOGOR - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) melakukan lompatan besar untuk kemajuan pertanian Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Mentan yang beken disapa dengan panggilan SYL, saat membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kostratani Mendukung Ketahanan Pangan Nasional di Bogor Icon Hotel and Convention, Rabu (14/10).

 

Dalam hal pengambilan keputusan, kata SYL, tak jadi soal jika Kostratani mengambil kebijakan sesuai diskresi yang dimilikinya. Yang terpenting, mekanisme pengambilan keputusan dan kebijakan yang diambil tak membentur aturan.

"Harus ada (langkah) extraordinary yang bisa menjadi lompatan, tapi tak menjadi masalah dari segi aturan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya pertanian yang positif dan cukup tinggi," kata Mentan SYL.

 

Dia juga menegaskan jika sistem pendanaan tak melulu mesti mengandalkan APBN. Ada sektor lain yang bisa dimanfaatkan untuk menyejahterakan petani dan memajukan pertanian Indonesia. Salah satunya adalah perbankan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pertanian.

Di sisi lain, dalam menghadapi musim penghujan Mentan SYL meminta agar Kostratani juga melakukan mapping kawasan yang menjadi langganan banjir. Pemetaan itu dianggap penting agar dapat segera dicarikan solusi untuk mengatasinya ketika banjir benar-benar melanda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra