Mentan SYL Ajak Jajarannya untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan Secara Utuh

Mentan SYL Ajak Jajarannya untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan Secara Utuh
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat memberikan pengarahan dalam Rakor Penguatan Kostratani, di Bogor, Rabu (14/10). Foto: Humas Kementan RI.

jpnn.com, BOGOR - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL mengajak seluruh jajarannya mengawal kebutuhan pangan rakyat selama beberapa tahun ke depan.

Dia berharap sektor pertanian bisa menjadi solusi pasti atas berbagai upaya pemerintah dalam memperbaiki ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

 

"Karena itu harus ada cita-cita bersama, dan inilah saatnya jajaran Kementerian Pertanian menjadi pahlawan makanan bagi rakyat," kata Mentan Syahrul dalam Rapat Koordinasi Penguatan Kostratani Mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang digelar di Bogor Icon Hotel, Rabu (14/10).

Menurut Mentan SYL, cita-cita yang harus diwujudkan itu adalah meningkatkan semua produksi pertanian supaya bangsa ini memiliki kedaulatan pangan secara utuh. Kemudian, sektor pertanian juga harus diperkuat dengan pengelolaan manajemen yang modern.

 

"Harus ada cita-cita untuk meningkatkan produktivitas dan memajukan manajemen secara baik. Sistem modernisasi harus digunakan secara tepat melalui AWR (Agriculture War Room) dan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani-red)," katanya.

Mantan gubernur Sulawesi Selatan ini berharap mulai tahun depan, sistem manajemen pertanian sudah menggunakan teknologi modern yang berbasis artificial intelligence. Langkah ini penting dilakukan agar pemetaan wilayah bisa dilakukan dari satu tempat, bahkan hanya dengan mengandalkan satu tombol.

Mentan SYL bertekad mewujudkan kedaulatan pangan secara utuh dan penataan manajemen pertanian modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News