BPS: Inflasi di Luar Dugaan

BPS: Inflasi di Luar Dugaan
BPS: Inflasi di Luar Dugaan
JAKARTA - Kenaikan harga barang dunia dan tidak terkendalinya harga di dalam negeri, berdampak signifikan terhadap inflasi. Dalam hal ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat telah terjadi inflasi pada Desember 2010 sebesar 0,92 persen.

"Inflasi 0,92 persen ini memang di luar dugaan kita semua. Jadi secara umum, pada tahun kalender 2010 angka inflasi mencapai 6,9 persen. Sedangkan inflasi inti Desember yang bergejolak sekitar 0,38 persen," ungkap Kepala BPS RI, Rusman Heriawan, dalam paparan awal tahun BPS Pusat, di Jakarta, Senin (3/1).

Meski pemerintah sudah melakukan berbagai antisipasi menekan harga, tapi menurut Rusman, sepertinya tidak berdampak terlalu signifikan. Dari 66 kota se-Indonesia, sebanyak 65 di antaranya tercatat mengalami inflasi. Hanya ada satu kota saja yang mengalami deflasi, yakni di Sorong sebesar 1,3 persen. Sedangkan inflasi tertinggi terjadi di Lhokseumawe yaitu sebesar 2,97 persen.

"Yang paling besar menyebabkan inflasi, masih konsisten dari kenaikan harga barang makanan, sebesar 2,81 persen. Harga barang yang terus naik selama Desember 2010, di antaranya beras, cabai merah, cabai rawit, emas, minyak goreng dan komoditas pokok harian lainnya," jelas Rusman.

JAKARTA - Kenaikan harga barang dunia dan tidak terkendalinya harga di dalam negeri, berdampak signifikan terhadap inflasi. Dalam hal ini, Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News