Brasil Vs Panama, Belum Ada Garansi Komposisi

Brasil Vs Panama, Belum Ada Garansi Komposisi
Brasil Vs Panama, Belum Ada Garansi Komposisi

jpnn.com - GOIANIA - Sulit tak menyertakan Brasil dalam favorit juara di Piala DUnia 2014. Status sebagai tuan rumah ditambah banyak faktor lainnya membuat Negeri Samba berada di posisi terdepan tiap bursa juara. Sejak jauh hari pula Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari dipandang sudah memiliki gambaran untuk skuad yang diandalkannya di ajang empat tahunan itu.

Rupanya pandangan dari luar tersebut tak sepenuhnya benar. Scolari masih mengalami kesulitan mencari komposisi terbaik dari skuad yang dimilikinya. Kurang dari dua pekan menuju kickoff, Scolari masih meraba-raba siapa saja yang ada di tim utama.
    
Untuk sementara, pelatih yang membawa Brasil meraih gelar juara Piala DUnia 2002 itu merasa tak puas. Terutama dengan sesi latihan yang dijalani timnya di Teresopolis. Eks pelatih Portugal itu masih harus memutar otak untuk sebelum laga uji coba melawan Panama di Estadio Serra Dourada, Goiania, dinihari nanti WIB.
    
Scolari membagi skuadnya menjadi dua tim dalam beberapa latihan selama akhir pekan untuk latihan game. Pelatih 65 tahun itu memilih tim pertama melawan tim kedua.

Tapi setelah sesi latihan pada Minggu (1/6) di Teresopolis, Scolari mengindikasikan dia harus memikirkan kembali starting line-up yang dipilihnya menjelang Piala Dunia 2014.
    
"Saya tidak suka dengan latihannya. Saya tak senang dengan semuanya, semuanya salah. Ketika saya tidak suka dengan sesuatu, saya akan mendapatkan solusinya. Kemudian saya terapkan di atas lapangan, sampai saya puas" kata Scolari kepada Globo TV.
    
Dari latiahan tersebut, penjaga gawang Julio Cesar tetap akan berada di tim utama. David Luiz dan Dante berduet di jantung pertahanan. Mereka diapit Marcelo dan Daniel Alves. Sementara Luis Gustavo dan Paulinho dipasangkan untuk mengisi gelandang bertahan. Oscar, Hulk, Neymar dan Fred jadi tumpuan di lini depan.
    
Namun, Scolari tampaknya lebih senang menanti para apemain pilar yang masih cedera. Fernandinho dan kapten Thiago Silva diharapkan segera pulih untuk mengisi tim utama. Masih banyak kesempatan, karena masih ada dua uji coba menjelang Piala Dunia. Sayangnya, belakangan paulinho juga menyusul cedera.
    
"Thiago sedang memulihkan diri, kami memiliki dua pertandingan persahabatan sebelum memulai Piala Dunia dan itu adalah lebih baik menunggu dia dalam kondisi yang lebih baik," kata Scolari kepada Fox Sports.
    
Jika Paulinho belum fit jelang laga melawan Panama, Hernanes siap menggantikannya. Pemain inter Milan itu bermain bersama Luis Gustavo dalam latihan terakhir. Sementara, Oscar dan Daniel Alves berada di kursi cadangan setelah mereka bertukar ke tim kedua dengan Ramires dan Maicon pada sesi terakhir itu.
    
Satu laga uji coba lagi berlangsung tiga hari kemudian. Scolari berharap kekuatan terbaik timnya sudah kembali dan dia sudah menemukan komposisi yang layak bertarung dalam perebutan juara. "Di laga kedua itu (kontra Serbia), 23 pemain kami sudahdalam kondisi baik, supaya kami bisa mencari susunan terbaik seperti yang kami inginkan," tambah Scolari.
    
Publik di Brasil menyebut uji coba melawan Panama bukanlah lawan sepadan dalam persiapan menuju Piala DUnia. Tim dari Zona Concacaf itu tak lolos ke Piala Dunia dan tak punya tradisi kuat di sepak bola dunia.
    
Namun, perkembangan Panama dalam 20 tahun terakhir amat pesat. Setelah menduduki posisi 150 di peringkat FIFA pada 1995, secara konsisten mereka berada di 40 besar dalam dua tahun terakhir. Bahkan di awal tahun 2014, Panama sempat berada di posisi ke-29 sebelum melorot lagi ke posisi ke-35.
    
Di kualifikasi Zona Concacaf, Panama mampu menembus hingga putaran terakhir. Mereka nyaris mengubur ambisi Meksiko. Hanya saja, mereka mengalami kekalahan 2-3 di laga terakhir melawan Amerika Serikat (AS) dan membuat Meksiko tampil sebagai peringkat keempat Zona Concacaf yang akhirnya lolos setelah menang di playoff melawan wakil Zona Oseania Selandia Baru. (ady)


GOIANIA - Sulit tak menyertakan Brasil dalam favorit juara di Piala DUnia 2014. Status sebagai tuan rumah ditambah banyak faktor lainnya membuat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News