Brazil Jadi yang Pertama Nekat Izinkan Boeing 737 MAX Terbang Lagi

Brazil Jadi yang Pertama Nekat Izinkan Boeing 737 MAX Terbang Lagi
Boeing 737 Max milik Lion Air. Foto: Boeing/Lion Group

jpnn.com, BRASILIA - Sebuah pesawat penumpang Boeing 737 MAX kembali melakukan penerbangan komersial di Brasil pada Rabu (9/12), menjadi yang pertama di seluruh dunia setelah pesawat Boeing model tersebut dilarang terbang selama lebih dari 20 bulan akibat dua kecelakaan mematikan, demikian dilaporkan media.

Penerbangan itu dioperasikan oleh Gol, maskapai bertarif rendah yang berbasis di Brasil, dengan rute San Paulo-Porto Alegre. Namun, maskapai itu menolak mengungkapkan detail lebih lanjut terkait penerbangan perdana tersebut.

Pada Maret 2019, Gol mengumumkan keputusannya untuk menangguhkan penggunaan pesawat model Boeing 737 MAX 8 hingga pemberitahuan selanjutnya.

Boeing 737 MAX dilarang terbang di seluruh dunia sejak Maret 2019 usai kecelakaan yang melibatkan pesawat itu terjadi di Indonesia dan Ethiopia, menewaskan seluruh penumpang dan awak kedua pesawat sebanyak 346 orang.

Sebelumnya pada bulan ini, sebuah pesawat Boeing 737 MAX, yang dioperasikan maskapai American Airlines, menyelesaikan penerbangan publik pertamanya. Penerbangan tersebut berlangsung selama 45 menit dari Dallas, Texas, menuju Tulsa, Oklahoma, di Amerika Serikat (AS).

Bulan lalu, Administrasi Penerbangan Federal AS membatalkan perintah yang menghentikan pengoperasian komersial Boeing 737 MAX, membuka jalan bagi model pesawat itu untuk kembali memberikan layanan komersial. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Sebuah pesawat penumpang Boeing 737 MAX kembali melakukan penerbangan komersial di Brasil pada Rabu (9/12)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News