Brazil Kalahkan Korut 2-1

Gol 'Luar Biasa' Maicon Pemecah Kebuntuan

Brazil Kalahkan Korut 2-1
RAYAKAN - Pemain Brazil Maicon (kanan) dan Robinho, merayakan gol pertama mereka ke gawang Korut, dalam pertandingan di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Rabu (16/6) dinihari WIB. Foto: Ian Walton/Getty Images/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Ternyata tidak mudah bagi Brazil, tim favorit juara banyak orang, untuk menaklukkan tim 'misterius' Korea Utara (Korut). Bermain di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Rabu (16/6) dinihari WIB, Brazil butuh gol luar biasa dari Maicon untuk memecah kebuntuan. Bahkan, setelah unggul 2-0 lewat gol Elano di menit ke-72, Brazil masih harus kebobolan lewat kaki Ji Yun Nam jelang pertandingan berakhir.

Gol Maicon yang dihasilkan lewat sudut sempit dari sisi kiri pertahanan Korut itu, yang tak disangka-sangka sama sekali oleh barisan pertahanan termasuk kiper Korut Ri Myong Guk, lahir pada menit ke-55. Ya, butuh lebih dari setengah babak bagi Brazil untuk bisa unggul, dalam pertandingan yang sebelumnya disebut-sebut bak David (Korut) melawan Goliath (Brazil) itu. Bukan saja mampu membendung serangan-serangan Brazil selama babak pertama, para pemain Korut bahkan sesekali juga sempat membayahakan pertahanan tim Samba.

Memasuki babak kedua, Brazil coba lebih menekan sekaligus memanfaatkan kreativitas para pemainnya yang dikenal punya skill mumpuni. Puncaknya, pada menit ke-55, Elano yang tahu bahwa Maicon siap berlari menembus kotak penalti, memberikan bola matang kepada bek kanan Inter Milan tersebut. Sedikit men-dribble bola di kotak 16 lawan, alih-alih memberikan crossing ke depan gawang, Maicon yang melihat sudut sempit di sisi kiri kiper Myong Guk, malah melesakkan tendangan sempurna ke celah itu. Hasilnya adalah sebuah gol indah yang jarang bisa disaksikan.

Unggul 1-0, Brazil semakin percaya diri dalam memainkan pola serangan mereka. Para pemainnya pun kian bersemangat menusuk ke daerah pertahanan Korut yang sempat nyaris bermain setengah lapangan - kendati sesekali masih bisa juga menyerang balik. Hingga pada menit ke-72, giliran Robinho yang mengontrol bola di tengah, memberi umpan matang kepada Elano yang ada di sisi kanannya. Satu tendangan mantap dari pemain bernomor punggung 7 itu akhirnya kembali menaklukkan kiper Korut.

JOHANNESBURG - Ternyata tidak mudah bagi Brazil, tim favorit juara banyak orang, untuk menaklukkan tim 'misterius' Korea Utara (Korut). Bermain di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News