Brebes Siap Amankan Kebutuhan Jabodetabek untuk Puasa dan Lebaran

Brebes Siap Amankan Kebutuhan Jabodetabek untuk Puasa dan Lebaran
Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto saat meninjau gudang penyimpanan bawang merah PT AIS di Brebes, Sabtu (25/2). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, BREBES - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah memerintahkan jajarannya untuk turun ke 48 titik guna memastikan ketersediaan bawang dan cabai jelang puasa dan Lebaran.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Brebes sebagai pemasok 35 persen kebutuhan nasional.

Hasil di lapangan menunjukkan pasokan aman dan terkendali selama puasa hingga Lebaran nanti.

"Indikator aman ada di Pulau Jawa. Jangan sampai harga di Pulau Jawa bergejolak. Asal Jabodetabek terkendali, maka bisa dikatakan aman," kata Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto melalui keterangan yang diterima, Minggu (26/2).

Dia menyebutkan berdasarkan informasi yang diterima, setiap harinya terdapat 27 truk bawang merah masuk ke Pasar Induk Kramat Jati.

"Kurang lebih 13 ton berasal dari Brebes sendiri, sebut Dirjen Prihasto saat berada di gudang penyimpanan bawang merah PT AIS.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Yuli Hendrawati menyakini daerah siap menyediakan untuk kebutuhan Jabodetabek.

"Insyaallah Brebes bisa menyediakan. Kalau ada wilayah-wilayah kosong maka ini baru menjadi perhatian tersendiri. Namun kami meyakini, Brebes mampu mengamankan kebutuhan puasa hingga Lebaran tahun ini,” ujar Yuli Hendrawati.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Yuli Hendrawati menyakini daerah siap menyediakan untuk kebutuhan Jabodetabek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News